Senin, 25 April 2011

Artikel Windows Seven

Pada kesempatan kali ini saya membuat sebuah artikel mengenai windows seven ultimate 32 bits. 
Baru-baru ini kita mengenal sistem operasi windows terbaru yang dikeluarkan oleh Microsoft yaitu Windows 7. Sesuai dengan namanya, ini adalah generasi ketujuh dari system operasi windows. sejak bulan Januari 2008 Microsoft mulai membagikan versi awal Windows 7 ke beberapa partner Microsoft. Lalu pada bulan Januari sampai Februari 2009 Microsoft mengeluarkan Windows 7 Beta yang dapat diunduh dari situs Microsoft secara langsung dan bebas. Kemudian di Bulan Mei 2009 versi RC 7100(Release Candidate yang berarti bahwa versi tersebut mungkin akan dipasarkan) juga bisa diunduh dari situs Microsoft. Akhirnya pada Bulan Agustus Microsoft mengumumkan bahwa windows 7 sudah final dan akan diluncurkan pada 22 Oktober 2009.

Windows 7 sendiri terdiri dari 6 versi. Versi-versi tersebut adalah:

1.    Windows 7 Starter. Versi paling minim fitur, antara lain tidak ada windows aero. Tidak dijual           bebas, hanya akan ada dalam sebuah paket dalam system computer.
2.    Windows 7 Home Basic. Memasukkan beberapa fungsi windows aero, tidak dijual di Negara maju. Jadi versi ini hanya akan dijual di negara-negara yang dikategorikan belum maju.
3.    Windows 7 Home Premium. Ditujukan untuk pengguna rumahan. Fungsi windows aero terpasang lengkap, tapi tidak ada fungsi remote desktop yang memungkinkan kita mengontrol windows 7 secara remote. Fungsi windows XP mode juga tidak ada.
4.    Windows 7 Professional. Ditujukan untuk bisnis kecil da pengguna khusus. Fiturnya seperti Home Premium namun ditambahkan remote desktop, windows XP mode dan bisa bergabung dalam sebuah domain windows server.
5.    Windows 7 Enterprise. Ditujukan untuk perusahaan, tidak dijual untuk umum. Fitur tambahan antara lain BitLocker yang mampu mengekskripsi hardisk.
6.    Windows 7 Ultimate. Mempunyai fitur yang sama dengan versi enterprise, namun ditujukan untuk pengguna rumahan. Versi yang akan dijual bebas adalah versi Home Premium dan Professional, dari kedua versi ini, pengguna bisa melakukan upgrade ke versi windows 7 ultimate.
 Saya menggunakan windows 7 ultimate, lalu muncul pertanyaan apa saja yang bisa dilakukan oleh system operasi ini. Yang bisa dilakukan windows 7 antara lain:

·         Menghilangkan aplikasi Windows Photo Gallery, Windows Movie Maker dan Windows Mail. Namun semua ini masih dapat diunduh secara gratis dalam paket Windows Live Essentials.
·         Windows aero,  Aero merupakan singkatan Authentic, Energetic, Reflective dan Open. Pada windows 7, windows aero ditambah dan diperbaiki kemampuannya seperti:
1. Aero Peek. Menggeser kursor mouse pada sebuah ikon aplikasi yang sedang berjalan di taskbar akan menunjukkan gambar kecil dari jendela aplikasi tersebut. Ini akan mempermudah saat membuka banyak aplikasi sebab tinggal menggeser kursor mouse untuk mencari aplikasi yang diinginkan.
2. Aero Shake. Menggoyang sebuah jendela akan membuat semua jendela yang lain minimize. Sedangkan menggoyangkannya lagi akan membuat maximize jendela tersebut.
3. Aero Snap. Menggeser sebuah jendela ke sisi kiri atau kanan akan membuat jendela tersebut membesar separuh layar. Hal ini berguna jika kita ingin membandingkan 2 dokumen. Jika digeser ke atas maka akan memperbesar(maximize) jendela tersebut.

·         Menemukan File Dengan Cepat
·         Memudahkan pencarian aplikasi menggunakan jump list
·         Setiap akan menginstall aplikasi akan muncul tampilan interrupt
·         Sistem rating
·         Pengaturan gadget yang lebih leluasa
        
          by Raipeza                 

0 komentar:

Posting Komentar