Selasa, 19 April 2011

SISTEM OPERASI MACINTOSH X 10.5 LEOPARD

MAC OS X 10.5 “LEOPARD”

Sejarah Mac OS X 10.5 “Leopard”
        Mac OS X 10.5 “Leopard” merupakan versi terbaru dari versi sebelumnya yaitu Mac OS X 10.4 “Tiger”. Mac OS X versi 10,5 "Leopard" termasuk dalam keenam besar Mac OS X yang dirilis secara besar-besaran, Apple desktop dan system operasi server untuk untuk computer Macintosh, tetapi juga merupakan pengganti untuk Mac OS X v10.4 "Tiger". Leopard dirilis pada tanggal 26 Oktober 2007, dan tersedia dalam dua varian: versi desktop, cocok untuk komputer pribadi, dan versi server, Mac OS X Server.
        Apple menawarkan pengurangan biaya-upgrade kepada orang yang membeli komputer Apple baru setelah tanggal 1 Oktober 2007, yaitu mereka yang belum memiliki Mac OS X v10.5 Leopard pada komputernya. Steve Jobs di MacWorld 2008 menyatakan bahwa lebih dari 20% dari Mac menggunakan Leopard sebagai sistem operasi mereka. Leopard akan digantikan oleh Mac OS X v10.6 "Snow Leopard", yang diharapkan dapat diluncurkan pada pertengahan tahun 2009.

Karakteristik dan Perbedaan Antar Versi untuk Mac OS X 10.5 “Leopard”
        Menurut Apple, Leopard berisi lebih dari 300 perubahan dan perangkat tambahan, yang meliputi komponen inti sistem operasi serta termasuk aplikasi dan perangkat pengembangan. Leopard memperkenalkan desktop yang direvisi secara signifikan, dengan mendesain ulang Dock, Stack, Menu Bar yang setengah transparan, dan Finder terbaru yang memasukkan antarmuka navigasi visual Cover Flow pertama pada iTunes.
        Fitur khusus lainnya yaitu dukungan untuk menulis pada antarmuka pengguna aplikasi grafis 64-bit, utility back up yang otomatis disebut Time Machine, mendukung untuk pencarian Spotlight untuk beberapa mesin, dan penyertaan Front Row dan Foto Booth, yang sebelumnya hanya terdapat pada beberapa model Mac.

Fitur/Kemampuan Mac OS X 10.5 “Leopard”
        Apple mengiklankan bahwa Mac OS X v10.5 Leopard memiliki lebih dari 300 fitur baru, termasuk:
  • Peningkatan baru pada Automator, dimulai dengan poin mudah untuk memulai kerja. Automator juga dapat dengan cepat membuat atau mengedit workflows baru dengan perbaikan dari segi antarmuka. Sekarang dapat menggunakan fungsi baru yang disebut “Watch Me Do” yang memungkinkan Anda merekam aksi pengguna (seperti menekan tombol atau mengendalikan aplikasi tanpa memasukkan dukungan Automator) dan pengulangan sebagai tindakan dalam kerja. Hal ini dapat membuat lebih bermanfaat alur kerja Automator dengan tindakan untuk RSS feeds, video kamera iSight snapshot, PDF manipulasi, dan masih banyak lagi.
  • Back My Mac, fitur untuk pengguna MobileMe yang memungkinkan pengguna untuk mengakses file pada computer rumah mereka saat jauh dari rumah melalui internet.
  • Boot Camp, perangkat lunak yang memungkinkan untuk instalasi sistem operasi lain, seperti Windows XP (SP2 atau yang lebih baru) atau Windows Vista, pada partisi terpisah (terpisah atau internal drive) pada Mac berbasis Intel.
  • Perangkat tambahan Dashboard, termasuk Web Clip, fitur yang memungkinkan pengguna untuk menutup bagian dari halaman web yang ditampilkan dalam Safari ke dalam widget Dashboard secara langsung, dan Dashcode untuk membantu pengembang kode widgets.
  • Desktop baru, 3-D dock yang didesain ulang dengan fitur baru yang disebut kelompok Stack, yang menampilkan file baik dalam sebuah gaya "kipas/fan", gaya "grid", atau (sejak 10.5.2) gaya "list".
  • Kamus/Dictionary yang dapat mencari dari Wikipedia, dan kamus terminology Apple juga. Juga dilengkapi kamus bahasa Jepang-Daijisen, Progressive EJ dan kamus Progressive JE, dan ensiklopedi 25000-kata " Tsukaikata no Wakaru Ruigo Reikai Jiten ", Semua yang diberikan olehpenerbit Jepang Shogakukan.
  • Pendesignan ulang Finder, dengan fitur yang serupa dengan yang terlihat di iTunes 7, termasuk Cover Flow dan Sumber-daftar seperti sidebar.
  • Dll.
 Pemrograman yang dapat Dijalankan
        Semua file format windows dapat dijalankan pada system operasi Macintosh versi Tiger dan Leopard. Otomatis, dengan demikian Microsoft Office pun dapat dijalankan/run di system operasi ini. Selain itu, dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bias dibaca di Sistem Operasi lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya generik (misalnya .pdf, .html, .mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi di kedua platform (Mac dan Windows) yang bias membaca format tersebut. 

sumber wikipedia,a,b

0 komentar:

Posting Komentar